Profil SMPN 3 Sepatan


URAIAN SINGKAT PROFIL SMPN 3 SEPATAN
A.    Latar Belakang
SMP Negeri 3 Sepatan merupakan salah satu sekolah negeri yang terdapat di daerah Kecamatan Sepatan Kabupaten Tangerang. Sekolah ini merupakan sekolah yang baru yang berdiri berdasarkan Keputusan Bupati Tangerang Nomor 421/Kep.369-Huk/2017 Tanggal 21 Juni 2017, berbarengan dengan  berdirinya SMP Negeri 3 Curug dan SMP Negeri 2 Kresek Kabupaten Tangerang.
Berdirinya Sekolah ini merupakan hasil jerih payah tokoh-tokoh masyarakat Sepatan seperti Bapak H. Ahmad Jaini, S.Pd, M.Si, Bapak H. Ma’mun Murod, S.Ag, Bapak H. Izul Muluk, S.Sos dan semua pihak yang terkait dan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang, Camat Sepatan, dan para perintis dari SMP Negeri 3 Sepatan.Hasil jerih payah mereka akhirnya menghasilkan tersedianya lahan seluas 7.617 m2 yang disusul dengan dibangunnya Unit Sekolah Baru yang dikerjakan Dinas Cipta Karya, penunjukkan Plt Kepala Sekolah yaitu Drs.H. Nana Sujana, M.Pd, serta dilaksanakannya Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2017/2018. Kemudian setelah tahap-tahap itu dilalui maka pada akhir Juli 2017 proses kegiatan belajar mengajar di SMP Negeri 3 Sepatan pun dimulai, dengan jumlah siswa 208 orang yang dibagi menjadi 7 rombongan belajar.
Pada tanggal 10 Agustus 2017 Bapak Bupati Tangerang mengangkat Drs. Sugiyanta, MM sebagai Kepala Sekolah. SMP Negeri 3 Sepatan dengan Keputusan Bupati Tangerang Nomor : 821.2/Kep.440-Huk/2017 tentang Pengangkatan/Pemberian Tugas Tambahan dan Alih Tugas Pegawai Negeri Sipil Sebagai Kepala Sekolah Dasar Negeri  dan Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri Di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang. Kemudian terus berbenah dan mulai mendapat kepercayaan masyarakat sepatan, maka pada tahun ajaran 2018/2019 direncanakan menerima 7 Rombongan Belajar.
Pihaksekolahtelahmembuat set plan pembangunanterhadaplahan yang adasaatini, hal ini tentu saja dengan memperhatikan tata letak dan tata ruang serta keindadahan sekolah.

B.     Tujuan
Tujuan dari permohonan Ruang Kelas Baru (RKB) dan Penataan halaman untuk memberikan pelayanan kepada siswa agar bisa belajar dengan tenang dan nyaman, serta menyongsong pelaksanaan K13 yang menganjurkan proses Belajar Menagajar harus dilaksanakan 1 sif. Tujuan yang lebih urgen lagi adalah untuk menampung calon siswa-siswi yang terus bertambah karena SMPN 3 Sepatan merupakan unit sekolah baru.

C.    Manfaat
Manfaat yang dapat diharapkan dari Penambahan Ruang Kelas Baru (RKB) di SMP Negeri 3 Sepatan adalah :
1.      Memudahkan dalam melaksanakan proses belajar mengajar, sehingga tercipta kegiatan belajar mengajar yang kondusif, aman dan nyaman.
2.      Dapat menunjang kelancaran proses belajar mengajar dengan mengacu pada K13 yang dicanangkan Pemerintah.
3.      Meningkatkan mutu UPT Pendidikan SMP Negeri 3 Sepatanbaik dalam bidang akademik maupun non akademik.
4.      Menampung siswa-siswi khususnya yang berada di wilayah kecamatan Sepatan untuk mengenyam pendidikan Dasar.




D.    Visi dan Misi Sekolah

a.    Visi SMPN 3 Sepatan
“TERWUJUDNYA SEKOLAH YANG CERDAS BERKARAKTER,
UNGGUL DALAM PRESTASI DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN”
IndikatorVisi   :
1.         Terwujudnya sumber daya manusia yang cerdas dalam karakter mulia berdasarkan Iman dan Taqwa.
2.         Terwujudnya sumber daya manusia pendidik dan tenaga kependidikan yang berkualitas dan loyalitas yang tinggi
3.         Terselenggaranya proses Pembelajaran yang  Aktif, Innovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan.
4.         Peningkatan Prestasi baik di bidang Akademik maupun Non Akademik
5.         Mutu lulusan yang memenuhi kompetensi yang sesuai standar nasional.
6.         Terwujudnya sarana dan prasarana yang relevan yang sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan.  .
7.         Terciptanya Lingkungan sekolah aman, nyaman, bersih dan asri.
8.         Terwujudnya Pengelolaan Sekolah sesuai dengan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS).
9.         Terwujudnya pembiayaan sekolah yang tangguh.

Untuk mencapai visi tersebut, perlu dilakukan suatu misi berupa kegiatan jangka panjang dengan arah yang jelas. Berikut misi yang dirumuskan berdasarkan visi di atas.

b.   MisiSekolah
Untuk mewujudkan Visi Satuan Pendidikan tersebut diatas, ditetapkan Misi SMP Negeri 3 Sepatan sebagai berikut :
1.         Menumbuhkan semangat belajar, sikap pribadi yang disiplin, tanggung jawab, jujur, hidup bersih serta beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2.         Peningkatan profesionalisme tenaga kependidikan melalui Pelatihan/workshop/ melanjutkan studi, dalam rangka meningkatkan perfomen peserta didik.
3.         Pengembangan berbagai kegiatan akademik melalui pendekatan kontektual yang berorientasi pengembangan Iptek dan Imtaq pada peserta didik.
4.         Melaksanakanpembelajarandanbimbingansecaraefektifsehinggasetiappesertadidikberkembangsecara optimal sesuaidenganpotensi yang dimiliki.
5.         Pemberdayaan Komite Sekolah dalam meningkatkan peran serta orangtua murid/masyarakat dan instansi terkait dalam penyelenggaraan pendidikan berdasarkan prinsip otonomi daerah.
6.         Menciptakan Lingkungan Sekolah yang kondusif, aman, nyaman, bersih, sehat dan asri.
7.         Mewujudkan Sekolah bertaraf Nasional dan dapat berkompetisi di era globalisasi.
8.         Menerapkan manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga sekolah dengan pengelolaan yang bersifat rasional, transparan dan berazaskan prinsip akuntabilitas.
c.    Tujuan Sekolah        
Mengacu pada visi dan misi sekolah, serta tujuan umum pendidikan dasar, tujuan sekolah dalam mengembangkan pendidikan ini adalah sebagai berikut :
1.         Pembinaan secara maksimal agar keimanan dan ketaqwaan menjadi landasan yang kokoh dalam kehidupan
2.         Mengembangkan berbagai kegiatan Berbasis Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa.
3.         Mengupayakan lulusan yang berkualitas sehingga dapat melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi.
4.         Mewujudkan sarana dan prasarana (fasilitas) pendidikan yang kontributif dan presentatif.
5.         Menjadikan lingkungan sekolah yang aman, nyaman, bersih, sehat dan asri.
6.         Peningkatan mutu kelembagaan dan manajemen sehingga terbangun kemandirian sekolah dalam pelayanan administrasi serta efektifitas system monitoring evaluasi dan supervisi
7.         Pelatihan kompetensi Guru, TU dan Siswa agar mampu mengakses dan memberdayakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT)sebagai media dan sumber  belajar dikalangan Guru maupun siswa.
8.         Membina kerjasama yang sinergi antara sekolah dengan komite sekolah untuk memajukan sekolah dan meningkatkan mutu pendidikan dengan peningkatan partisipasi masyarakat.





E.     Keadaan Guru dan Tata Usaha

Dewan guru pengajar di SMP Negeri 3Sepatan merupakan tenaga-tenaga handal, tenaga-tenaga muda, melek tekonologi,  cepat tanggap dan mengajar sesuai dengan bidang yang diampunya. Modal dasar tersebut bisa dijadikan andalan untuk memanjukan UPT Pendidikan SMP Negeri 3 Sepatan dengan cepat. Adapun nama-nama guru yang mengajar di SMP Negeri 3 Sepatan adalah sebagai berikut:
a.      Daftar Nama Guru dan Tata Usaha
NO
NAMA
JURUSAN
MENGAJAR
KETERANGAN
01
Drs. Sugiyanta, MM.
S2Manajemen Pend

Kepala Sekolah
02
Yanwar Safari, S.Pd.
S1 Bhasa Indonesia
Bhs Indonesia

03
Abdul Haris, S.Pdi, M.Si.
S2 FAI
BK
Koord. BP
04
Harizal Rachman, S.Pd.
S.1 IPA-Biologi
IPA
PKS Kurikulum
05
Jajuli, S.Pd.
S1 Matematika
Matematika
PKS Kesiswaan
06
Ade Muslihat, S.Pd.
S1 PJOK
PJOK

07
Asmaul Husna, S.Pdi.
S1 PAI
PAI

08
Nasriyah, S.Pd.
S1 Seni
Seni Budaya

09
Nety Puspitasari, S.Pd.
S1 PKn
PKn

10
Muh. Ade Maqqi, S.Pd.
S1 TIK
TIK
Pembina OSIS
11
Lita Fitri Hizryanty, S.Pd.
S1 Bhs. Inggris
Bahasa Inggris

12
Annisa Quraisyin, S.Pd.
S1 Bhs. Inggris
Bahasa Inggris

13
Maesaroh, S.Pd.
S1 IPS
IPS

14
Shopi Maulidah, S.Pdi
S1 PAI
PAI

15
Tyas Sucipta, S.Pd.
S1 Seni
Seni Budaya

16
Siti Junariyah, S.Pd.
S1 Matematika
TIK

17
M. Aris Munandar, S.Pd.
S1 Bahasa Indonesia
Bhs Indonesia

18
Komalasari, S.Pd.
S1 IPA
IPA

19
Sri Fitriani, S.Pd.
S1 Bhs Inggris
Bhs Inggis

20
Andrianto Effendi, S.Psi
S1 Ekonomi
BK

21
Buchrowi Sanusi, S.Kom
S1 Sistem Informasi

Kaur Tata Usaha
22
Esi Gustriah, S.Sos.
S1 Adm. Negara

Tata Usaha
23
Dian Koswara, S.Kom
S1 Sistem Komputer

Tata Usaha
24
Bambang Primandanu
SMA

Tata Usaha
25
Muhamad Toha
SD

Penjaga
26
Jumsari
SMP

Penjaga
27
Muhali
SMP

Satpam
28
Mardiandi
SMP

Satpam






b.      Keadaan Guru dan Tata Usaha Berdasarkan Status
IJAZAH
GT
GTT
GBD
GBP
JUMLAH
<S-1
-
5
-
-
5
S-1
1
21
-
-
22
S-2
1
1
-
-
2
Jumlah
2
27
-
-
29


F.     Keadaan Siswa

a.      Jumlah Siswa Dalam Lima Tahun Terakhir

Tahun
Kelas VII
Kelas VIII
Kelas IX
Total Siswa
L
P
L
P
L
P
L
P
2017/2018
103
105
208
-
-
-
-
-
-
103
105
208
2018/2019
121
116
237
104
105
209
-
-
-
225
221
446
2019/2020
-
--------------
2020/2021
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-

b.      Jumlah Rombel Lima Tahun Terakhir

Tahun
Rombel
Jumlah
Rombel
Kelas 7
Kelas 8
Kelas 9
2017
7
-
-
7
2018
7
7
-
14
2019
-
---
2020
-
-
-
-
2021
-
-
-
-

G.    Keadaan Fasilitas Saat ini

No
Fasilitas
Ada/Belum Ada
Keterangan
1
Perpustakaan
Belum Ada
-
2
Lap. Olah Raga
Belum Ada
-
3
Sarana Ibadah/ Musholla
Belum Ada
-
4
UKS
Belum Ada
-
5
Lab. IPA
Belum Ada
-
6
Lab. Bahasa
Belum Ada
-
7
Lab. Komputer
Belum Ada
-
8
Ruang OSIS dan Ekskul
Belum Ada
-
9
Air Bersih
Ada
-
10
Toilet
Ada
-








H.    Analisis Profil Sekolah

a.      Kekuatan (Strenght)

·   Dukungan semua komponen sekolah dalam melaksanakan program sekolah, tugas dan fungsi cukup memadai
·   Potensi Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga pengajar SMPN 3 Sepatan memiliki kualitas pendidikan guru 100% tamatan S1 dan S2 dan tata usaha lulusan S1 dan SMA.
·   Kedisiplinan siswa sudah mulai terbentuk, terutama dalam hal disiplin waktu dan berpakaian
·   Antusiasme masyarakat sekitar untuk menyekolahkan anaknya di SMPN 3 Sepatan sangat tinggi hal ini dibuktikan dengan jumlah siswa yang mencapai 440 siswa.

b.      Kelemahan (Weakness)

Faktor Internal :
·   Lahan SMPN 3Sepatan yang belum dibangun sebagian besar masih berbentuk sawah sehingga membutuhkan pengurugan agar siap dibangun.
·   Jumlah Ruang Kelas tidak mencukupi pada tahun pelajaran  2018/2019, dengan penerimaan siswa baru dibagi lagi menjadi 7 rombel. Pada penerimaan peserta didik tahun 2018/2019 sebanyak 7 Rombel sehingga jumlah rombel mencapai 14 rombel sedangkan ruang kelasnya hanya berjumlah 6 ruang dan masih kekurangan 8 Ruang Kelas Baru Bertingkat.
·   Belum memiliki tempat ibadah, padahal tempat ibadah menjadi prasarana yang sangat penting untuk membina spiritualitas dan aspek religi peserta didik
·   Kurang lengkapnya sarana prasarana di SMP Negeri 3 Sepatan.

c.       Peluang (Opportunity)

Faktor External :
·   Dukungan masyarakat terhadap program sekolah cukup tinggi.
·   Letak geografis sekolah yang memungkinkan dapat belajar dengan tenang dan tertib karena jauh dari keramaian.
·   Walaupun baru berdiri, SMPN 3 Sepatan memiliki keunggulan dalam bidang olahraga, terutama Bola Voli.
·   Dukungan dari organisasi Profesi (PGRI), Dinas Instansi dan pemerintah terhadap program sekolah cukup tinggi.

d.      Tantangan (Threat)

Faktor Eksternal ;
·   Kemampuan siswa pada umumnya dibawah rata-rata
·   Kesadaran orangtua siswa dalam membiayai pendidikan anaknya masih sangat kurang
·   Dukungan orangtua/wali siswa untuk motivasi belajar masih rendah

I.       Identifikasi Tantangan Nyata Sekolah

  • Harus mencari/mengajukan permohonan untuk pengurugan tanah agar siap dibangun
  • Perlu dibangunnya ruang kelas baru
  • Memperluas lahan sekolah untuk pembangunan mushola dan lapangan olahraga
  • Memperlengkap sarana dan prasarana olahraga
  • Menyediakan bahan bacaan di perpustakaan bagi siswa agar tumbuh kegemaran dalam membaca
  • Meningkatkan layanan kepada masyarakat.

J.      Alternatif Pemecahan Masalah

  • Perlu adanya program pengurugan lahan sekolah yang masih berbentuk sawah dari pemerintah daerah
  • Perlu adanya bantuan Pembangunan Ruang Kelas Baru dari pemerintah
  • Perlu dibebaskannya lahan sekitar sekolah yang ditawarkan oleh masyarakat untuk memperluas lahan sekolah
  • Perlu adanya Rencana Anggaran yang memadai untuk meningkatkan fasilitas sekolah terutama dalam bidang olahraga dan kerohanian

Comments