Profil SMPN 3 Sepatan
URAIAN
SINGKAT PROFIL SMPN 3 SEPATAN
A.
Latar Belakang
SMP
Negeri 3 Sepatan merupakan salah satu sekolah negeri yang terdapat di daerah
Kecamatan Sepatan Kabupaten Tangerang. Sekolah ini merupakan sekolah yang baru
yang berdiri berdasarkan Keputusan Bupati Tangerang Nomor 421/Kep.369-Huk/2017
Tanggal 21 Juni 2017, berbarengan dengan
berdirinya SMP Negeri 3 Curug dan SMP Negeri 2 Kresek Kabupaten
Tangerang.
Berdirinya Sekolah ini merupakan hasil
jerih payah tokoh-tokoh masyarakat Sepatan seperti Bapak H. Ahmad Jaini, S.Pd,
M.Si, Bapak H. Ma’mun Murod, S.Ag, Bapak H. Izul Muluk, S.Sos dan semua pihak
yang terkait dan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang, Camat Sepatan, dan
para perintis dari SMP Negeri 3 Sepatan.Hasil jerih payah mereka akhirnya
menghasilkan tersedianya lahan seluas 7.617 m2 yang disusul dengan dibangunnya
Unit Sekolah Baru yang dikerjakan Dinas Cipta Karya, penunjukkan Plt Kepala Sekolah
yaitu Drs.H. Nana Sujana, M.Pd, serta dilaksanakannya Penerimaan Peserta Didik
Baru Tahun Pelajaran 2017/2018. Kemudian setelah tahap-tahap itu dilalui maka
pada akhir Juli 2017 proses kegiatan belajar mengajar di SMP Negeri 3 Sepatan
pun dimulai, dengan jumlah siswa 208 orang yang dibagi menjadi 7 rombongan
belajar.
Pada tanggal 10 Agustus 2017 Bapak
Bupati Tangerang mengangkat Drs. Sugiyanta, MM sebagai Kepala Sekolah. SMP
Negeri 3 Sepatan dengan Keputusan Bupati Tangerang Nomor :
821.2/Kep.440-Huk/2017 tentang Pengangkatan/Pemberian Tugas Tambahan dan Alih
Tugas Pegawai Negeri Sipil Sebagai Kepala Sekolah Dasar Negeri dan Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri Di
Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang. Kemudian terus berbenah dan
mulai mendapat kepercayaan masyarakat sepatan, maka pada tahun ajaran 2018/2019
direncanakan menerima 7 Rombongan Belajar.
Pihaksekolahtelahmembuat set plan pembangunanterhadaplahan
yang adasaatini, hal ini tentu saja dengan memperhatikan tata letak dan tata
ruang serta keindadahan sekolah.
B.
Tujuan
Tujuan dari permohonan Ruang Kelas
Baru (RKB) dan Penataan halaman untuk memberikan pelayanan kepada siswa agar bisa
belajar dengan tenang dan nyaman, serta menyongsong pelaksanaan K13 yang
menganjurkan proses Belajar Menagajar harus dilaksanakan 1 sif. Tujuan yang
lebih urgen lagi adalah untuk menampung calon siswa-siswi yang terus bertambah
karena SMPN 3 Sepatan merupakan unit sekolah baru.
C.
Manfaat
Manfaat yang dapat diharapkan dari Penambahan
Ruang Kelas Baru (RKB) di SMP Negeri 3 Sepatan adalah :
1. Memudahkan dalam melaksanakan proses belajar
mengajar, sehingga tercipta kegiatan belajar mengajar yang kondusif, aman dan
nyaman.
2. Dapat menunjang kelancaran proses belajar mengajar
dengan mengacu pada K13 yang dicanangkan Pemerintah.
3. Meningkatkan mutu UPT Pendidikan SMP Negeri 3
Sepatanbaik dalam bidang akademik maupun non akademik.
4. Menampung siswa-siswi khususnya yang berada di
wilayah kecamatan Sepatan untuk mengenyam pendidikan Dasar.
D.
Visi dan Misi Sekolah
a. Visi SMPN 3 Sepatan
“TERWUJUDNYA SEKOLAH YANG CERDAS BERKARAKTER,
UNGGUL DALAM PRESTASI DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN”
IndikatorVisi :
1.
Terwujudnya sumber
daya manusia yang cerdas dalam karakter mulia berdasarkan Iman dan Taqwa.
2.
Terwujudnya sumber
daya manusia pendidik dan tenaga kependidikan yang berkualitas dan loyalitas
yang tinggi
3.
Terselenggaranya
proses Pembelajaran yang Aktif,
Innovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan.
4.
Peningkatan
Prestasi baik di bidang Akademik maupun Non Akademik
5.
Mutu lulusan
yang memenuhi kompetensi yang sesuai standar nasional.
6.
Terwujudnya sarana
dan prasarana yang relevan yang sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan. .
7.
Terciptanya
Lingkungan sekolah aman, nyaman, bersih dan asri.
8.
Terwujudnya
Pengelolaan Sekolah sesuai dengan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS).
9.
Terwujudnya pembiayaan
sekolah yang tangguh.
Untuk mencapai visi tersebut,
perlu dilakukan suatu misi berupa kegiatan jangka panjang dengan arah yang
jelas. Berikut misi yang dirumuskan berdasarkan visi di atas.
b. MisiSekolah
Untuk mewujudkan Visi Satuan Pendidikan
tersebut diatas, ditetapkan Misi SMP Negeri 3 Sepatan sebagai berikut :
1.
Menumbuhkan semangat belajar, sikap pribadi yang disiplin,
tanggung jawab, jujur, hidup bersih serta beriman dan bertaqwa kepada Tuhan
Yang Maha Esa.
2.
Peningkatan profesionalisme tenaga kependidikan melalui
Pelatihan/workshop/ melanjutkan studi, dalam rangka meningkatkan perfomen
peserta didik.
3.
Pengembangan berbagai kegiatan akademik melalui
pendekatan kontektual yang berorientasi pengembangan Iptek dan Imtaq pada
peserta didik.
4.
Melaksanakanpembelajarandanbimbingansecaraefektifsehinggasetiappesertadidikberkembangsecara
optimal sesuaidenganpotensi yang dimiliki.
5.
Pemberdayaan Komite Sekolah dalam meningkatkan peran
serta orangtua murid/masyarakat dan instansi terkait dalam penyelenggaraan
pendidikan berdasarkan prinsip otonomi daerah.
6.
Menciptakan Lingkungan Sekolah yang kondusif, aman,
nyaman, bersih, sehat dan asri.
7.
Mewujudkan Sekolah
bertaraf Nasional dan dapat berkompetisi di era globalisasi.
8.
Menerapkan manajemen
partisipatif dengan melibatkan seluruh warga sekolah dengan pengelolaan yang
bersifat rasional, transparan dan berazaskan prinsip akuntabilitas.
c. Tujuan Sekolah
Mengacu pada visi
dan misi sekolah, serta tujuan umum pendidikan dasar, tujuan sekolah dalam
mengembangkan pendidikan ini adalah sebagai berikut :
1.
Pembinaan
secara maksimal agar keimanan dan ketaqwaan menjadi landasan yang kokoh dalam
kehidupan
2.
Mengembangkan
berbagai kegiatan Berbasis Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa.
3.
Mengupayakan
lulusan yang berkualitas sehingga dapat melanjutkan pendidikan kejenjang yang
lebih tinggi.
4.
Mewujudkan
sarana dan prasarana (fasilitas) pendidikan yang kontributif dan presentatif.
5.
Menjadikan
lingkungan sekolah yang aman, nyaman, bersih, sehat dan asri.
6.
Peningkatan
mutu kelembagaan dan manajemen sehingga terbangun kemandirian sekolah dalam
pelayanan administrasi serta efektifitas system monitoring evaluasi dan
supervisi
7.
Pelatihan
kompetensi Guru, TU dan Siswa agar mampu mengakses dan memberdayakan Teknologi
Informasi dan Komunikasi (ICT)sebagai media dan sumber belajar dikalangan Guru maupun siswa.
8.
Membina
kerjasama yang sinergi antara sekolah dengan komite sekolah untuk memajukan
sekolah dan meningkatkan mutu pendidikan dengan peningkatan partisipasi
masyarakat.
E.
Keadaan Guru dan Tata Usaha
Dewan guru pengajar di SMP Negeri
3Sepatan merupakan tenaga-tenaga handal, tenaga-tenaga muda, melek
tekonologi, cepat tanggap dan mengajar
sesuai dengan bidang yang diampunya. Modal dasar tersebut bisa dijadikan
andalan untuk memanjukan UPT Pendidikan SMP Negeri 3 Sepatan dengan cepat.
Adapun nama-nama guru yang mengajar di SMP Negeri 3 Sepatan adalah sebagai
berikut:
a. Daftar Nama Guru dan Tata Usaha
NO
|
NAMA
|
JURUSAN
|
MENGAJAR
|
KETERANGAN
|
01
|
Drs.
Sugiyanta, MM.
|
S2Manajemen Pend
|
|
Kepala Sekolah
|
02
|
Yanwar
Safari, S.Pd.
|
S1 Bhasa Indonesia
|
Bhs Indonesia
|
|
03
|
Abdul
Haris, S.Pdi, M.Si.
|
S2 FAI
|
BK
|
Koord. BP
|
04
|
Harizal
Rachman, S.Pd.
|
S.1 IPA-Biologi
|
IPA
|
PKS Kurikulum
|
05
|
Jajuli,
S.Pd.
|
S1 Matematika
|
Matematika
|
PKS Kesiswaan
|
06
|
Ade
Muslihat, S.Pd.
|
S1 PJOK
|
PJOK
|
|
07
|
Asmaul
Husna, S.Pdi.
|
S1 PAI
|
PAI
|
|
08
|
Nasriyah,
S.Pd.
|
S1 Seni
|
Seni Budaya
|
|
09
|
Nety
Puspitasari, S.Pd.
|
S1 PKn
|
PKn
|
|
10
|
Muh.
Ade Maqqi, S.Pd.
|
S1 TIK
|
TIK
|
Pembina OSIS
|
11
|
Lita
Fitri Hizryanty, S.Pd.
|
S1 Bhs. Inggris
|
Bahasa Inggris
|
|
12
|
Annisa
Quraisyin, S.Pd.
|
S1 Bhs. Inggris
|
Bahasa Inggris
|
|
13
|
Maesaroh,
S.Pd.
|
S1 IPS
|
IPS
|
|
14
|
Shopi
Maulidah, S.Pdi
|
S1 PAI
|
PAI
|
|
15
|
Tyas
Sucipta, S.Pd.
|
S1 Seni
|
Seni Budaya
|
|
16
|
Siti
Junariyah, S.Pd.
|
S1 Matematika
|
TIK
|
|
17
|
M.
Aris Munandar, S.Pd.
|
S1 Bahasa Indonesia
|
Bhs Indonesia
|
|
18
|
Komalasari,
S.Pd.
|
S1 IPA
|
IPA
|
|
19
|
Sri
Fitriani, S.Pd.
|
S1 Bhs Inggris
|
Bhs Inggis
|
|
20
|
Andrianto
Effendi, S.Psi
|
S1 Ekonomi
|
BK
|
|
21
|
Buchrowi
Sanusi, S.Kom
|
S1 Sistem Informasi
|
|
Kaur Tata Usaha
|
22
|
Esi
Gustriah, S.Sos.
|
S1 Adm. Negara
|
|
Tata Usaha
|
23
|
Dian
Koswara, S.Kom
|
S1 Sistem Komputer
|
|
Tata Usaha
|
24
|
Bambang
Primandanu
|
SMA
|
|
Tata Usaha
|
25
|
Muhamad
Toha
|
SD
|
|
Penjaga
|
26
|
Jumsari
|
SMP
|
|
Penjaga
|
27
|
Muhali
|
SMP
|
|
Satpam
|
28
|
Mardiandi
|
SMP
|
|
Satpam
|
|
|
|
|
|
b. Keadaan Guru dan Tata Usaha Berdasarkan Status
IJAZAH
|
GT
|
GTT
|
GBD
|
GBP
|
JUMLAH
|
<S-1
|
-
|
5
|
-
|
-
|
5
|
S-1
|
1
|
21
|
-
|
-
|
22
|
S-2
|
1
|
1
|
-
|
-
|
2
|
Jumlah
|
2
|
27
|
-
|
-
|
29
|
F.
Keadaan Siswa
a.
Jumlah Siswa Dalam Lima Tahun Terakhir
Tahun
|
Kelas VII
|
Kelas VIII
|
Kelas IX
|
Total Siswa
|
||||||||
L
|
P
|
∑
|
L
|
P
|
∑
|
L
|
P
|
∑
|
L
|
P
|
∑
|
|
2017/2018
|
103
|
105
|
208
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
103
|
105
|
208
|
2018/2019
|
121
|
116
|
237
|
104
|
105
|
209
|
-
|
-
|
-
|
225
|
221
|
446
|
2019/2020
|
-
| - | -- | -- | - | -- | - | - | - | - | - | - |
2020/2021
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
b.
Jumlah Rombel Lima Tahun Terakhir
Tahun
|
Rombel
|
Jumlah
Rombel
|
||
Kelas 7
|
Kelas 8
|
Kelas 9
|
||
2017
|
7
|
-
|
-
|
7
|
2018
|
7
|
7
|
-
|
14
|
2019
|
-
| - | - | - |
2020
|
-
|
-
|
-
|
-
|
2021
|
-
|
-
|
-
|
-
|
G.
Keadaan Fasilitas Saat ini
No
|
Fasilitas
|
Ada/Belum Ada
|
Keterangan
|
1
|
Perpustakaan
|
Belum Ada
|
-
|
2
|
Lap. Olah Raga
|
Belum Ada
|
-
|
3
|
Sarana Ibadah/ Musholla
|
Belum Ada
|
-
|
4
|
UKS
|
Belum Ada
|
-
|
5
|
Lab. IPA
|
Belum Ada
|
-
|
6
|
Lab. Bahasa
|
Belum Ada
|
-
|
7
|
Lab. Komputer
|
Belum Ada
|
-
|
8
|
Ruang OSIS dan Ekskul
|
Belum Ada
|
-
|
9
|
Air Bersih
|
Ada
|
-
|
10
|
Toilet
|
Ada
|
-
|
H.
Analisis Profil Sekolah
a. Kekuatan
(Strenght)
· Dukungan semua komponen sekolah dalam melaksanakan
program sekolah, tugas dan fungsi cukup memadai
· Potensi Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga pengajar
SMPN 3 Sepatan memiliki kualitas pendidikan guru 100% tamatan S1 dan S2 dan
tata usaha lulusan S1 dan SMA.
· Kedisiplinan siswa sudah mulai terbentuk, terutama
dalam hal disiplin waktu dan berpakaian
· Antusiasme masyarakat sekitar untuk menyekolahkan
anaknya di SMPN 3 Sepatan sangat tinggi hal ini dibuktikan dengan jumlah siswa
yang mencapai 440 siswa.
b. Kelemahan
(Weakness)
Faktor Internal :
· Lahan SMPN 3Sepatan yang belum dibangun sebagian besar
masih berbentuk sawah sehingga membutuhkan pengurugan
agar siap dibangun.
· Jumlah Ruang Kelas tidak mencukupi pada tahun
pelajaran 2018/2019, dengan penerimaan
siswa baru dibagi lagi menjadi 7 rombel. Pada penerimaan peserta didik tahun
2018/2019 sebanyak 7 Rombel sehingga jumlah rombel mencapai 14 rombel sedangkan
ruang kelasnya hanya berjumlah 6 ruang dan masih kekurangan 8 Ruang Kelas Baru Bertingkat.
· Belum memiliki tempat ibadah, padahal tempat
ibadah menjadi prasarana yang sangat penting untuk membina spiritualitas dan
aspek religi peserta didik
·
Kurang
lengkapnya sarana prasarana di SMP Negeri 3 Sepatan.
c. Peluang
(Opportunity)
Faktor External :
·
Dukungan
masyarakat terhadap program sekolah cukup tinggi.
· Letak geografis sekolah yang memungkinkan dapat
belajar dengan tenang dan tertib karena jauh dari keramaian.
· Walaupun baru berdiri, SMPN 3 Sepatan memiliki
keunggulan dalam bidang olahraga, terutama Bola Voli.
· Dukungan dari organisasi Profesi (PGRI), Dinas
Instansi dan pemerintah terhadap program sekolah cukup tinggi.
d. Tantangan
(Threat)
Faktor Eksternal ;
·
Kemampuan
siswa pada umumnya dibawah rata-rata
· Kesadaran orangtua siswa dalam membiayai
pendidikan anaknya masih sangat kurang
·
Dukungan
orangtua/wali siswa untuk motivasi belajar masih rendah
I.
Identifikasi Tantangan Nyata Sekolah
- Harus mencari/mengajukan permohonan untuk pengurugan tanah agar siap
dibangun
- Perlu dibangunnya ruang kelas baru
- Memperluas lahan sekolah untuk pembangunan mushola dan lapangan
olahraga
- Memperlengkap sarana dan prasarana olahraga
- Menyediakan bahan bacaan di perpustakaan bagi siswa agar tumbuh
kegemaran dalam membaca
- Meningkatkan
layanan kepada masyarakat.
J.
Alternatif Pemecahan Masalah
- Perlu adanya
program pengurugan lahan sekolah yang masih berbentuk sawah dari
pemerintah daerah
- Perlu adanya
bantuan Pembangunan Ruang Kelas Baru dari pemerintah
- Perlu
dibebaskannya lahan sekitar sekolah yang ditawarkan oleh masyarakat untuk
memperluas lahan sekolah
- Perlu adanya Rencana Anggaran yang memadai untuk meningkatkan
fasilitas sekolah terutama dalam bidang olahraga dan kerohanian
Comments
Post a Comment